Jumat, 12 Juli 2013

Silabus, RPP dan Buku Matematika Kurikulum 2013

Alhamdulillahirabbilalamin, patut kita ucapkan karena serangkaian kegiatan persiapan implementasi Kurikulum 2013 yang antara lain pelatihan, mulai dari pelatihan instruktur nasional, guru inti, dan guru sasaran bahkan juga sudah dilakukan pengimbasan kurikulum 2013 kepada sekoleh-sekolah yang lainnya, kesemuanya itu sudah berakhir dengan baik. Hingga menjelang tahun ajaran baru pada 15 Juli 2013 sudah sebanyak 61.074 guru yang menerima pelatihan. Jumlah itu terdiri atas 572 orang instruktur nasional, 4.740 orang guru inti, dan 55.762 guru sasaran.
Berkait dengan buku. Buku pegangan guru telah sampai ke tangan para guru sasaran saat dilakukan kegiatan pelatihan. Sementara buku pegangan siswa, yang dicetak oleh beberapa percetakan pemenang tender, telah dikirim langsung ke sekolah-sekolah yang menjadi sasaran implementasi oleh perwakilan mentri di masing-masing Wilayah.

Oleh kareta itu berikut ini Penulis Lampirkan semua Silabus, contoh RPP dan Buku Matematika di jenjang SD, SMP dan SMA/SMK Kurikulum 2013 baik Buku pegangan Guru maupun Buku pegangan Siswa, serta semua Perangkat Pembelajaran untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK yang terdapat di Silabus, RPP dan Buku Kurikulum 2013 Edisi 2014.
Penulis juga lampirkan Video Pembelajaran Matematika SMP kurikulum 2013 di bagian bawah halaman ini. Sedangkan untuk perlengkapan Kurikulum 2013 yang lainnya, InsyaAllah Penulis akan lampirkan pada kesempatan-kesempatan berikutnya..........


----------"Semoga kita bisa selalu berbagi, Amien..."----------



SD/MI

SMP/MTs
  • Silabus Terbaru Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 [Download]
  • Silabus Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 [Download]  
  • Contoh RPP Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 [Download]
  • Silabus Terbaru Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 [Download]
  • Silabus Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 [Download]
  • Contoh RPP Matematika SMP Kelas 8 Model Kurikulum 2013 [Download] atau unduh contoh RPP yang terbaru [Download_RPP New]
  • Silabus Terbaru Matematika SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 [Download]
  • Silabus Matematika SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 [Download]
  • Contoh RPP Matematika SMP Kelas 9 Model Kurikulum 2013 [Download]
  • Buku Matematika SMP Pegangan Siswa [Download]
  • Buku Matematika SMP Pegangan Guru [Download]
  • Format Rapor SMP Kurikulum 2013 [Download]
*) Untuk Mata Pelajaran SMP yang Lain dan Perlengkapannya Bisa dilihat disini [Klik Saja disini]


SMA/MA/SMK
  • Silabus Matematika SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 [Download]
  • Contoh RPP Matematika SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 [Download]
  • Silabus Matematika SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 [Download]
  • Silabus Matematika SMA Kelas 12 Kurikulum 2013 [Download]
  • Buku Matematika SMA Pegangan Siswa [Download]
  • Buku Matematika SMA Pegangan Guru [Download]
  • Format Rapor SMA Kurikulum 2013 [Download]
  • Format Rapor SMK Kurikulum 2013 [Download]
*) Untuk Silabus Mata Pelajaran SMA yang Lain Bisa dilihat disini [Download]
*) Untuk Silabus Mata Pelajaran SMK yang Lain Bisa dilihat disini [Download]
 
*) Sedangkan untuk Semua Buku Mata Pelajaran SD, SMP, dan SMA/SMK Kurikulum 2013 
    baik Buku Pegangan Guru maupun Buku Pegangan Siswa [Bisa di Download disini]

*) Download Juga untuk Semua Buku Pegangan Guru dan Siswa SD, SMP, dan SMA/SMK Kurikulum 2013 Edisi Tahun 2014: [Klik Saja disini] New



*) Silahkan Tonton Video Pembelajaran Matematika SMP Kurikulum 2013 di bawah ini!

 


*) Silahkan Tonton Video Pembelajaran Matematika SMA Kurikulum 2013 di bawah ini!



Demikian lampiran Silabus, RPP dan Buku Matematika Kurikulum 2013, semoga kita selalu bisa berbagi, amien.....  




------------------------------
Artikel yang Terkait:

>> Bahan Kurikulum 2013 Tahun 2014
>> Kegiatan Pembelajaran Matematika SMP Kelas 7 dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik
>> Soal dan Pembahasan UN Matematika SMP 2013
>> Soal dan Kunci Jawaban Pengayaan UAS Matematika SMP 2013
>> Permendikbud tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 
>> Ciri-ciri Bilangan Habis Dibagi
>> Materi Himpunan Matematika Tingkat SMP
>> Konsep Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013
>> Presentasi dan Video Kurikulum 2013
>> Model Pembelajaran Matematika Bebasis LKS dan LK: Pythagoras
>> Model-model Pembelajaran:  [Download]
>> Menemukan Nilai Phi(π)
>> Video Pembelajaran Matematika: Garis Bagi
>> Video Pembelajaran Matematika SMP Kurikulum 2013

41 komentar:

  1. TERIMA KASIH PAK..
    SANGAT MEMBANTU..
    PEMBELAJARANNYA SANGAT MENARIK...
    SEMOGA KEBAIKAN SELALU DATANG DARI SEGA PENJURU

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggih same-same, smg bermanfaat..
      Amien..

      Hapus
  2. sepertix membuthkan waktu yg lama dalam KBM nya jika menggunkn Kurikulm 2013 apalagi jika diterapkan di daerah terpencil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah kita melihat tayangan dari video diatas, memang sepertinya begitu...
      akan tetapi sebenarnya jika KBM tersebut dikemas lagi oleh yg bersamkutan atau oleh kita sendiri, misalkan KBM tersebut dijadikan dua/tiga kali kegiatan pembelajaran (seperti yg telah kami coba)

      kalau untuk didaerah terpencil, insyAllah juga bisa dilakukan.. karena Panulis sendiri juga berasal dari daerah terpencil hehe..
      Mungkin salah satu caranya dengan model pembelajaran berbasis LKS dan LK.. yang penting isi kegiatannya menggunakan pendekatan saintifik (seperti yang penulis lampirkan pada Contoh RPP Kelas 8 diatas),...

      Hapus
  3. terimakasih bnyak Pak. sangat membantu skali. mengingat ke daerah saya di rongga kabupaten bandung barat blm ada sosialisasi kurikulum 2013. smoga bapak sehat selalu supaya update terus tentang kurikulum 2013nya amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggih pak same-same..
      Amien Allahumma amien...
      InsyAllah Pak, niku sudah Penulis lampirkan juga di halaman ini tentang Format Rapor SD, SMP, SMA dan SMK..
      semoga bermanfaat..amien...

      Hapus
  4. thanks info y

    Buat Pengunjung yang kebetulan kehabisan pulsa dan lagi malas beli pulsa tapi ingin sms/balas sms yang penting atau hanya sekedar ingin tau , ayo coba sms gratis silahkan kunjungi blog saya

    link :
    Shinobi23

    lihat paling bawah sebelah kanan ada kolom sms gratis
    jangan lupa tinggalkan komentar
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  5. Telah terbit Buku solusi dari buku matematika kelas X yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013 dengan penulis Husein Tampomas.
    Tebal buku 176 halaman. Masalah untuk ongkos kirim akan dilihat sesuai daerah pengiriman. Tolong, berita ini disampaikan kepada teman-teman.
    Harga buku Rp30.000 per eksemplar dan untuk biaya pengiriman ditanggung oleh pembeli.
    untuk lebih jelasnya silahkan hubungi nomer 081316564320
    email : huseintampomas@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas informasinya,...
      informasi ini sangat penting bagi kita supaya anak-anak kita dan kita sendiri lebih siap untuk menghadapi Kurikulum 2013,...

      Hapus
  6. Untuk materi pembelajaran Kurikulum 2013, sebaiknya jangan dibatasi tp di lengkapi.
    Ini hanya sekedar usul. Sebelumnya ucapkan terimakasih.
    Segala kebaikan Anda, Allah tetap memperhitungkannya.

    BalasHapus
  7. boleh juga tuh masukan Anda...
    amien, smg kita selalu bisa berbagi.

    BalasHapus
  8. Salam, informasi yang sangat bermanfaat, salam.
    Saat ini kami juga menyediakan buku-buku Kurikulum 2013 untuk SD, SMP dan SMA,
    kunjungi bukupelajarankurikulum2013.blogspot.com. Hub. P Heri di 081227992609

    BalasHapus
  9. Waalaikumsalam,... smg bermanfaat.
    terimakasih juga atas informasinya..

    BalasHapus
  10. Terimakasih Pak
    Sangat sangat Membantu, semoga selalu sehat ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama
      smg bermanfaat untuk anak bangsa,
      Amien Allahumma Amien...

      Hapus
  11. iyya silahkan,
    smg bermanfaat...

    BalasHapus
  12. terima kasih..sangat membantu saya.
    buku yang kelas 8 ada ga pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. same-same...smg bermanfaat.
      sebenarnya pada lampiran di atas sudah ada, akan tetapi masih sebagian:
      atau di:
      http://matematohir.wordpress.com/2014/06/15/buku-pegangan-guru-dan-siswa-kurikulum-2013-edisi-2014/

      Hapus
  13. terima kasih pak, sy telah download silabus dan contoh rpp kls 8. yang pasti sangat bermanfaat terutama bagi saya. Semoga Allah membals amal baik bapak. Selanjutnya bagaimana dengan buku pegangan guru matematika kls 8? karena sy ditugaskan mengajar kls 8. mohon di upload. sekali lagi terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya sudah ada di halaman ini sejak tangga 15 juni 2014: Untuk Buku Pegangan Guru dan Siswa Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum 2013,,
      terdapat pada link:
      *) Download Juga Buku Pegangan Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Edisi 2014: [Klik Saja disini] New

      atau pada link:
      http://matematohir.wordpress.com/2014/06/15/buku-pegangan-guru-dan-siswa-kurikulum-2013-edisi-2014/

      Hapus
  14. koq ndak bisa di download silabus terbaru pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin jaringannya lagi ada gangguan,
      soalnya baru saja sy nyoba download: bisa tuh,,,
      atau
      download di link berikut ini saja:
      http://matematohir.wordpress.com/2013/07/22/lks-dan-lk/

      Hapus
  15. koq silabus ama buku pegangan siswa beda pak, gimana cara buat rppx terima kasih bantuanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buku yang terbitan tahun 2014 sekarang ini, masih menggunakan silabus lama, sehingga banyak perbedaannya..
      untuk membuat RPP disesuaikan dengan silabus yang baru saja,,,

      contoh pada materi Sistem koordinat pada Buku ada di kelas 8, sedangkan pada silabus yang terbaru ada di kelas 7..

      Hapus
  16. makasi pak udah bisa d download PG & PS kelas 8 jadi bisa jadi panduan buat RPPx, sekali lagi makasi pak atas bantuanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, Siip...
      smg kita bisa selalu berbagi untuk memajukan kuwalitaspendidikan di indonesia, amien.

      Hapus
  17. Menarik sekali,,
    Mari Hijaukan Bumi Kita

    Kami suplier Rumput Gajah Mini, Rumput Jepang dan tanaman lain untuk kebutuhan taman anda seperti aneka palem, pule, soka india, aneka kamboja, dll.
    Kami juga melayani jasa pembuatan taman untuk wilayah Jawa Tengah

    Hubungi kami klik http://rumputjepang-gajahminimurah.blogspot.com/

    Arya Flower
    Salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. matur suwun atas informasinya, smg bermanfaat...

      salam sukses juga, amien..

      Hapus
  18. Terimakasih pak atas infonya...
    sangat membantu infonya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama,
      smg sukses kur 13-nya, Amien...

      Hapus
  19. Butuh Buku Peg. guru dan Siswa Kurikulum 13 lengkap dan Perangkat Pembelajaran kelas 3 dan 6 Semester 1 Tapel 2014-2015 lengkap, Silahkan kunjungi kkggugus03suboh.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimaksih banyak atas informsinya,,,
      smg teman2 mengetahui informasi ini...

      Hapus
  20. assalamu'alaikum pak....
    pak gmn ya... buat ngajarin matematika agar semenarik mungkin. cz anak murit saya di daerah pedalaman maluku tenggara minat untuk belajar matematika sangat minim bahkan bisa dikatakan punah. penjumlahan sederhana sekali sprti 7 + 5 mayoritas bagi mereka itu susah. padahal mereka udah mts kelas 2. saya bingung mau mulai dari mana dan bagaimana carax? tolong bagi tips-tips nya, terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam w.w.
      Kalau menurut pengalaman Penulis sendiri ketika mengajar di desa:
      (1) terlebih dulu siswa di ajak bermain-main ttg suatu hal (dimana permaianan tsbt sebenarnya adalah permainan matematika, akan tetapi kita tidak memberitahukan kpd siswa bahwa permainan tsb adalah permaianan matematika). setelah beberapa lama: buatlah atau shetinglah atau arahkan siswa bahwa permainan tsb siswa sendiri yang menyadari atau menyebutkan bahwa permainan tsb adalah permainan matematika. Misalkan tentang kegiatan jual beli di pasar: bagilah 8 kelompok siswa (atau kelompok tergantung kondisi kelasnya), dimana 4 kelompok diantara berperang sebagai penjual segala barang kebutuhan seperti di pasar dan masing-masing 4 kelompok tsb menjual barang yang berbeda-beda...sedangkan 4 kelompok yang lain berperan sebagai pembeli
      "tentunya yang menyediakn barang-barang tsb adalah Gurunya sendiri yang bekerjasama dgn pihak menejemen sekolah)"
      kemudian siswa diarahkan untuk mencatat barangyang di beli (si penjual) dan mencatat barang yang dibeli (si pembeli),
      langkah selanjutnya coba Guru buat sendiri kira2 apa lagi yang menarik dari kegiatan tsb

      (2) diulangi kembali sekilas materi yang masih susah dipahami oleh siswa..
      (3) disetiap mau memulai pembelajaran: diusahakan gunakan waktu 1 atau 2 menit saja untuk membuat konsentrasi siswa menjadi lebih siap dan lebih fokus untuk belajara. contoh dgn membuat one menit mathematics atau two menit mathematics: misal guru menuliskan 10 penjumlahan/pengurangan disertai jawabannya (jawaban yang di tulis oleh guru ada beberapa yang jawabannya benar ada beberapa yang jawabannya salah) pada kertas kwarto/atau kertas lainnya kemudian selama 1 menit disuruh untuk menuliskan apakah jawaban-jawaban tsb Benar atau salah, selanjutnya evaluasi jawaban siswa,
      lakukan juga pd pertemuan-pertemuan berikutnya...
      (4) selalu sediakan di dalam kelas benda-benda alam yang berkaitan dengan materi...
      (5) selalu memberikan motivasi kpd siswa..
      (6) dll...

      Hapus
    2. Lampiran berikut ini juga masukan dari teman-teman Penulis:

      Cak Nuris: mulai aj dengan metode pengajaran anak TK

      Alfa Claresta: mulai aj dari awal... hal yang gk bisa dicapai seluruhnya, bukan berarti untuk ditinggalkan seluruhnya kan...

      Khoirul Anam: Coba cari benda2 alam di sekitar tempat itu yg biasa digunakan oleh mereka untuk dijadikan sebagai media pembelajaran

      Samsul Bahrim: Dulu aq jg prnah ngalamin itu. Aq minta tambahan waktu 1 jam per minggu pd semester ganjil tuk mantapkan kemampuan berhitung (+, -, x, : ).

      Rabbaniyah: Untuk nambah minat murid, mungkin bisa dijelaskan kpd mereka ttg manfaat matematika, misal bahwa pesawat pakai mat, dll.

      Feby Istari: Kira2 klo berhitung bisa tidak? Krn bukan jaminan kls 2 MTs bisa berhitung. Kalo berhitung susah coba diajak belajar sambil bermain seperti main ular tangga tapi pakai ubin di kelasnnya. Maju(+) mundur (-), naik(+), turun (-). Insya Allah anak akan bisa. Positive thinking aja. Semangat.

      Rahma Rhia DaengNurung: sy yakin merka bukanx tdk tau berhitung. Ktika belnja d kantin/warung, mreka mungkin terbiasa dgn uang kembalian. Misalx harga kue 1rb, ambil 3 berarti 3rb. Jk dbayar pake uang 5rb, kembalix berapa??? Biasax anak MTs atau anak SD pun tau krn sering dlakukan sehari2. Jd coba pancing dgn cara menghubungkn perhitungan itu dgn kehidupan sehari2. Itu cm salah satu cara. Boleh jd ad cara yg lain dr tmn2 yg lain. Maaf jk salah atau kurang, sy bukan guru matematika tp sering ngajar anak2 matematika.

      Edi Wijaya: coba jelaskan hitung-hitungan itu melalui cerita sederhana dan langsung dikaitkan dengan anak itu. misalkan 4 + 6, anak itu mempunyai 4 pensil, lalu mama memberinya lagi 6 pensil, jadi berapa pensilnya sekarang? atau 6 - 2, anak itu mempunyai 6 permen, lalu memakan 2 permen, sekarang berapa permennya ?

      Setya Widodo: Mulai dari hal atau benda yg mereka sukai...

      Menik Yuliastuti: diajak matematika permainan Pak, bisa dengan gunting2 manipulatif. yang penting anak diajak seneng dulu baru kita ke materi.

      Ofick MathEducat: coba donwload buka saya di http://ofiick.blogspot.com/.../triks-dahsyat-dan-sulap...

      TAUFIKURRAHMAN: triks dahsyat dan sulap matematika

      Hapus
  21. Terima kasih, ini sangat brmanfaat sekali.. mohn ijin download

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyya sama-sama,
      silakan kalau mau mendownload.
      smg kita bisa selalu berbagi dengan sesama, amien.

      Hapus
  22. Balasan
    1. iyya, sama-sama..
      smg kita bisa selalu berbagi dengan sesama, amien.

      Hapus

Random Post: